Minggu, 13 Desember 2009

TBC pada Anak-anak

Pertanyaan :

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Pertama sekali saya mengucapkan terima kasih atas kepedulian merci untuk membuka layanan konsultasi kesehatan. Saya punya masalah tentang kesehatan anak saya Dok. Anak saya berusia 3 thn. Sejak usia 8 bulan ia mengidap penyakit TBC kelenjar. Ini saya ketahui setelah saya memeriksakan kesehatannya ke dokter. Penyakit itu mempengaruhi pertumbuhan badannya hingga saat ini. Berat badannya terlalu memprihatinkan sekitar 10 Kg. Ia tidak mau makan nasi. Ia hanya makan-makanan jajanan dan meminum susu. Saya telah berupaya untuk memberi berbagai macam vitamin untuk membuat ia selera makan tapi hasilnya sama saja. ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan :

1. Apakah penyakit anak saya masih ada sehingga mempengaruhi pertumbuhan badannya
2. Apakah anak yang tidak mau makan makanan pokok seperti nasi akan mempengaruhi IQ nya.
3.Vitamin apa yang dapat membuat anak saya mau makan.

Atas penjelasan Dokter saya ucapkan banyak terima kasih.

-tomy-


Jawaban:

Wa'alaikum salam wr wb,

Pak Tomy yang berada di Batam, permasalahan yang Bapak hadapi adalah permasalahan yang cukup sering dihadapi orang tua yang mempunyai anak diatas umur 1 tahun.

Merupakan suatu masalah apabila anak yang semestinya sudah mengenal dan mencoba berbagai variasi makanan, ternyata hanya menyenangi jenis makanan tertentu dan berpengaruh kepada pertumbuhan fisik anak bahkan kadang perkembangannya

Berat badan anak Bapak yang berumur 3 tahun seharusnya sekitar 14 kg, bila sekarang hanya 10 kg berarti berat badan anak Bapak kurang kurang cukup banyak.

Memang di Indonesia penyakit TBC merupakan penyakit utama yang menjadi penyebab gangguan perkembangan anak yang mengakibatkan berat badannya kurang, tapi bila pada usia 8 bulan pernah didiagnosa dan mendapatkan adekuat baik dari segi dosis yang tepat, TBC kelenjar yang anak Bapak derita bisa sembuh total .

Namun tetap harus diwaspadai karena meski sudah sembuh TBC-nya bisa kambuh lagi. Kalau dulu yang dideritanya TBC kelenjar apakah pembengkakan kelenjar yang dulu terasa, masih ada atau terasa lagi atau tidak sekarang, masih ada keringat malam, batuk atau tidak dan harus dipastikan lagi dengan pemeriksaan foto rontgen, serta pemeriksaan laboratorium kimia darah lengkap, laju endap darah serta mantoux test bahkan kalau perlu bilas lambung untuk mengetahui ada tidaknya kuman TBC-nya.

Bila semua hasil pemeriksaan yang dilakukan hasilnya negatif , berarti anak Bapak sudah terbebas dari penyakit TBC dan penyebab berat badan anak Bapak yang kurang karena hal lain missal pada makanan yang kurang baik , faktor genetic yang kuat penyakit cacingan atau yang lainnya.

Hanya makanan pokok sebagai sumber karbohidrat yang dimakan oleh mayoritas penduduk Indonesia , bila anak Bapak masih mau makan makanan lain sebagai sumber karbohidrat atau produk olahan lain baik dari beras atau yang lainnya tidak jadi masalah

Kecerdasan intelengesi ( IQ ) faktor bawaan lebih dominan , sedangkan gizi dan pola asuh lebih menjadi pendukung .Bila anak Bapak tidak mau nasi, insya allah tidak menjadi masalah untuk IQ anak Bapak.

Sebagian orang tua , sering kali salah pengertian menganggap vitamin sebagai penambah nafsu makan . vitamin yang kita berikan merupakan suplemen atau penambah kekurangan yang tidak tercukupi dari makanan yang dikonsumsi tiap hari.
Tidak semua vitamin dapat disimpan di dalam tubuh , kecuali vitamin A,D,F,K yang dapat disimpan di dalam lemak, sedangkan vitamin lain seberapa besar vitamin yang diberikan akan diambil oleh tubuh sesuai dengan kebutuhannya dan sisanya akan dibuang .yang terbaik untuk meningkatkan nafsu makan anak Bapak adalah merubah pola makanannya.

Kesukaan jajan apalagi yang manis biasanya membuat anak jadi cepat kenyang dan tidak mau lagi bila disuruh untuk makan.jadi untuk Bapak sebaiknya menoba memberikan variasi makanan yang lebih beragam dan yang tidak kalah penting cara penyajiannya sehingga anak tertarik ,anak tidak lagi jajan di luar dan lebih suka mengkosumsikan makanan di rumah.

Demikian semoga paparan tidak bisa sedikit membantu untuk menyelesaikan permasalahan anak Bapak.

wassalaamu'alaikum,

(Dr. Iman Hilmansyah)

Sumber :
http://www.mer-c.org/penyakit-infeksi/180-tbc-pada-anak-anak.html
24 Juni 2008

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar